Penelitian ini fokus menganalisis kesiapan guru PAI dalam menerapkan kurikulum mandiri di MTs N 1 Mojokerto yang memberikan ruang bagi guru PAI untuk mengembangkan inovasi. Untuk menganalisis kesiapan guru PAI dalam menerapkan kurikulum mandiri secara optimal, peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana kesiapan guru PAI Belajar Mandiri di MTsN 1 Mojokerto? 2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat kesiapan guru PAI terhadap kebijakan Merdeka Belajar di MTsN 1 Mojokerto? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian pengumpulan data. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Konsep kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum mandiri untuk terselenggaranya pendidikan komprehensif. 2) Model kurikulum berbasis humanistik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran, menitik beratkan pada pengembangan potensi holistik, dan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. 3) Faktor pendukung dan penghambat yang paling mempengaruhi kesiapan guru PAI dalam menerapkan kurikulum mandiri adalah sarana dan prasarana.
Copyrights © 2024