Pada era digital ini, penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi sangat penting, terutama dalam mata pelajaran desain grafis yang menitikberatkan materi visual. Bentuk penggunaan teknologi dalam pembelajaran antara lain program Macromedia Flash dan Microsoft PowerPoint yang dimanfaatkan oleh kelas XI Multimedia SMKN 1 Lumajang. Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan serta mengevaluasi efektivitas penggunaan Macromedia Flash dan Microsoft PowerPoint pada mata pelajaran desain grafis kelas XI Multimedia SMKN 1 Lumajang. Penelitian ini memanfaatkan metode eksperimen dengan desain quasi-experimental tipe post-test only control group. Sampel penelitian diambil dari dua kelas dengan total 72 siswa menggunakan teknik cluster random sampling dengan instrument berupa soal tes pilihan ganda serta menggunakan aplikasi SPSS untuk melakukan analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang menggunakan Macromedia Flash senilai 84.7222 dan Microsoft PowerPoint senilai 77.5000, serta diperoleh nilai t sebesar 3.450 dengan signifikansi 0.001 dari hasil uji t-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi berbasis Macromedia Flash lebih efektif daripada Microsoft PowerPoint pada mata pelajaran desain grafis.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024