Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol 10, No 1 (2024): JUNE 2024

Instrumen Evaluasi Berbasis Web pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Nadia Anil Izzah (Universitas Negeri Medan)
Masta Marselina Sembiring (Universitas Negeri Medan)
Dilla Handayani (Universitas Tjut Nyak Dien)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan instrument evaluasi pembelajaran berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz yang layak, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Adapun penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development and Dissemination). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, validasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrument evaluasi pembelajaran berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz sangat layak, praktis dan efektif untuk digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian akhir dengan rincian validator ahli evaluasi memperoleh persentase 96,36%, dari ahli materi memperoleh persentase 95,65%, dari ahli media memperoleh persentase 93,84%, dari ahli praktikalitas memperoleh persentase 96,7%. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi pembelajaran berbasis web yang menggunakan aplikasi Quizizz menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam efektivitas. Nilai rata-rata pretest sebesar 45,7 dikategorikan sebagai “Tidak Efektif” dan nilai rata-rata posttest sebesar 86,15 menunjukkan kategori “Efektif”. Seluruh siswa berhasil melewati posttest dengan nilai di atas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yaitu 67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian dan pengembangan ini menghasilkan sebuah produk  berupa instrument evaluasi berbasis web menggunakan aplikasi Quizizz yang layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...