Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN No. 3 Panii. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain penelitian model Kemis dan Mc Taggart. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN No.3 Panii yang berjumlah 40 orang. Tes hasil tindakan siklus I diperoleh persentase kentuntasan klasikal sebesar 52,50%, persentase daya serap klasikal 63,37%. Pada siklus II hasil tes tindakan meningkat. Siklus II diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%, persentase daya serap klasikal sebesar 77,75%. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan proses dapat meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN No. 3 Panii. Kata Kunci : Pemahaman, Keterampilan Proses
Copyrights © 2018