Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menulis siswa dapat ditingkatkan menggunakan kartu huruf di kelas I SDN Rogo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa menggunakan kartu huruf pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setting penelitian tindakan kelas ini adalah di SDN Rogo Kecamatan Dolo Selatan, dengan jumlah siswa 15 Orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 10 Orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) lembar observasi guru, 2) lembar observasi siswa, dan 3) penilaian tes perorangan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan siswa menulis dengan menggunakan media kartu huruf yakni dengan persentase peningkatan kemampuan siswa pada penilaian sebelum tindakan, terdapat 7 Siswa (46,66%) yang masuk dalam kategori kurang, pada penelitian siklus I menunjukkan persentase aktivitas guru sebesar 89,28% (kriteria baik), persentase aktivitas siswa sebesar 6, 92% (kriteria cukup), 8,91% dengan (kriteria sangat baik), persentase penilaian aktivitas siswa menulis permulaan melalui media kartu huruf sebesar 89,67% (kriteria sangat baik). Hasil tersebut secara keseluruhan telah mencapai kriteria yang ditetapkan yakni, daya serap individual minimal 65%, daya serap klasikal 70%, dan ketuntasa klasikal 80%, maka dianggap tuntas belajar. Dengan demikian, melalui media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis pada siswa kelas I SDN Rogo. Kata Kunci : Kemampuan Menulis Permulaan, Media Kartu Huruf.
Copyrights © 2018