Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui Metode Pembelajaran Kontekstual di Kelas IV SDN 1 Kamonji. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru serta analisis hasil belajar siswa dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Pembelajaran Kontekstual dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Kamonji. Hal ini ditunjukkan dengan hasil Pra tindakan; ketuntasan klasikal mencapai 50% dan daya serap klasikal 58,48%. Hasil tindakan siklus I; ketuntasan klasikal mencapai 73,91% dan daya serap klasikal mencapai 67,39% Hasil tindakan siklus II; ketuntasan klasikal mencapai 86,95%% dan daya serap klasikal mencapai 82,60%.  Berdasarkan hasil di atas, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah dari hasil analisis data pada penelitian ini diperoleh bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 1 Kamonji.   Kata Kunci :  Hasil Belajar,  Metode Pembelajaran Kontekstual
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018