Peran guru menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama dalam konteks pandemi Covid-19. Penelitian ini mengeksplorasi kredibilitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam memotivasi siswa di SMP Negeri 2 Batee, dengan mempertimbangkan keahlian, daya tarik, kepercayaan, dinamis, sosialibilitas, dan karisma. Melalui metode campuran, data dikumpulkan dari observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasilnya menunjukkan bahwa guru PAI di SMP Negeri 2 Batee dipersepsikan memiliki karakter tegas, aktif, semangat, adil, tanggung jawab, ramah, dan cerdas, dengan tingkat ketercapaian kredibilitas sebesar 75,05%. Mereka juga telah dilengkapi dengan pelatihan yang memungkinkan mereka membangun kredibilitas sebagai sumber komunikasi yang positif bagi siswa. Motivasi belajar siswa, meliputi minat, motivasi terhadap pembelajaran PAI, ketekunan, kemandirian, jam belajar, dan ketahanan, cenderung baik, dengan persentase ketercapaian sebesar 76,10%. Temuan ini menunjukkan bahwa peran guru PAI secara efektif mempengaruhi motivasi belajar siswa, yang merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama dalam situasi yang menantang seperti pandemi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024