Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Blanded Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di UPT SPF SDN Mattoanging

Mardewi, Andi (Unknown)
Elpisah, Elpisah (Unknown)
Devilla, Rego (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah : 1) ingin mengetahui hasil belajar IPS siwa  kelas V di UPT SPF SDN Mattoanging Makassar sebelum penerapan model pembelajaran blended learning. 2) ingin mengetahui hasil belajar IPS siswa  kelas V di UPT SPF SDN Mattoanging Makassar setelah penerapan model pembelajaran blended learning. 3) mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui model pembelajaran blended learning. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan One Group pretest-posttest design sebagai desain penelitian. Hasil dari eksperimen ini sesuai data yang di peroleh dapat diketahui bahwa pengaruh model pembelajaran blended learning bisa meningkatkan perolehan hasil belajar siswa pada pokok pembelajaran IPS. Dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran blended learning sebagai subtitusi pembelajaran konvensional dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terbukti dari  analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis kovarian (ANCOVA) dihasilkan nilai α = 0,05 dengan Sig.hitung 0,000. hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig.hitung lebih besar dari α (0,000 > 0,05) sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Juga peningkatan dalam segi motivasi dan pemahaman siswa dilihat dari banyaknya respon positif berdasarkan persepsi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...