Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Rumah Adat Saoraja Sawitto sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah bagi Peserta Didik SMA Negeri 11 Pinrang, Sulawesi Selatan

Al Islami, Achmad Idrus (Unknown)
Ahmadin, Ahmadin (Unknown)
Najamuddin, Najamuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada dua permasalahan, yaitu kedudukan Saoraja Sawitto layak dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah bagi peserta didik di SMA Negeri 11 Pinrang dan pemanfaatan Saoraja Sawitto sebagai sumber pembelajaran sejarah bagi peserta didik di SMA Negeri 11 Pinrang. Adapun metode penelitian yang digunanakan yaitu kualitatif yang bersifat deskriptif yang meliputi pengumpulan sumber atau data-data dengan observasi, wawancara dengan narasumber yang telah dipilih diantaranya: guru, siswa sebagai objek dari penelitian ini, dan teknik dokumentasi mencari data melalui buku, surat, dokumentasi dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kedudukan Saoraja Sawitto layak dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah bagi peserta didik sebab telah memenuhi beberapa dari indikator sumber belajar yaitu: manusia sumber, alat dan bahan pengajaran, berbagai aktivitas dan kegiatan, lingkungan. Sesuai dengan capaian pembelajaran (CP), guru dalam memanfaatkan Saoraja Sawitto sebagai sumber pembelajaran sejarah adalah melalui field trip (karya wisata). Perencanaan pembelajaran dimulai dengan melihat kesesuaian materi di Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), menentukan metode, membuat Modul Ajar, menyusun materi, memberi materi pengantar dengan menggunakan media, membawa peserta didik ke Saoraja Sawitto, memberikan tugas, dan evaluasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...