Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 11 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pertimbangan Multikultural Dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa

Sarnita Sarnita (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Negeri Semarang)
Eka Titi Andaryani (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Pendidikan multikultural menjadi krusial dalam mengatasi keberagaman siswa di era globalisasi. Artikel jurnal ini membahas pertimbangan multikultural dalam pengembangan kurikulum, mencakup aspek budaya, sosial, politik, ekonomi, lingkungan, dan globalisasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan pustaka dengan fokus pada pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber literatur. Hasil dan pembahasan menyoroti integrasi nilai multikultural dalam kurikulum untuk menciptakan pendidikan inklusif. Strategi pengembangan pendidikan multikultural, peningkatan kualitas guru, sistem pengelolaan pendidikan, dan peran masyarakat juga dibahas. Tantangan seperti kurangnya sumber daya, perlawanan, kurangnya kesadaran, stereotip, dan pelatihan guru yang kurang diatasi melalui upaya bersama dari guru, sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Kesimpulannya, pengembangan pendidikan multikultural memiliki peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif, dan meskipun dihadapi tantangan, upaya bersama dan strategi yang tepat dapat memastikan manfaat signifikan dalam mempromosikan inklusi, pemahaman budaya, dan keragaman dalam pendidikan.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...