Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 11 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Pojok Literasi Berbasis Pendidikan Masyarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Literasi di Kelurahan Wanareja Subang

Asep Sanda (Universitas Subang)
Suci Ananda Mulyadi (Universitas Subang)
Syifa Imanda Fauzia (Universitas Subang)
Nadhia Chica Marlina (Universitas Subang)
Galang Januar (Universitas Subang)
Romul Aji Pamungkas (Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2023

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran literasi warga Kelurahan Wanareja Kabupaten Subang melalui pojok literasi berbasis pendidikan masyarakat. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan pendampingan dan pengajaran. Mitra dalam pengabdian ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, Dinas Perpustakaan Kabupaten Subang dan Pemerintah Kelurahan Wanareja Subang. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan kegiatan pengabdian ini adalah berupa kuesioner yang diberikan kepada setiap penanggung jawab pojok literasi. Hasil pengabdian ini adalah terlaksananya program 5 pojok literasi di Kelurahan Karanganyar Subang, yaitu: Pojok Membaca, Pojok Menulis, Pojok Pengenalan Internet, Pojok Pelatihan Komputer dan Pojok Pengenalan MS. Office. Terdapat peningkatan literasi di kalangan masyarakat Kelurahan Wanareja Subang sebanyak 28,61%. Peningkatan tersebut dilihat dari jumlah masyarakat sebelum kegiatan yang hanya terdapat 52,2% yang paham akan literasi, kemudian meningkat menjadi 80,8% setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini. Respon masyarakat Kelurahan Wanareja Subang, terutama orang tua terhadap program pojok literasi sangat baik, dilihat dari jumlah anak-anak yang ikut melaksanakan pembelajaran di pojok literasi. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini dapat meningkatkan kesadaran literasi di Kelurahan Wanareja Subang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...