Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 12 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS Dalam Menghadapi Tantangan Dunia Kerja di SMK Ibnu Khaldun

Widya Widya (Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi lingkungan kerja yang terus berubah, khususnya dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan tentang implementasi HOTS di SMK dan bagaimana hal ini dapat membantu siswa menghadapi lingkungan kerja yang semakin kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berfokus pada observasi dan wawancara langsung dengan guru di SMK Ibnu Khaldun Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi HOTS di SMK Ibnu Khaldun Cirebon melibatkan strategi pembelajaran yang mencakup penggunaan teknologi, proyek berbasis pembelajaran, diskusi kelompok, dan simulasi kerja. Temuan ini menggambarkan pentingnya pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam kurikulum SMK. Kesimpulannya, implementasi HOTS di SMK bukan hanya tentang transfer pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang diperlukan untuk berhasil dalam dunia kerja yang dinamis. Meskipun tantangan ada, upaya bersama dari pemerintah, sekolah, guru, dan siswa diperlukan untuk menciptakan generasi siap pakai dalam menghadapi tantangan dunia kerja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...