Crossword Puzzle sebagai media untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya peningkatan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al-Qur’aniyah Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research yang menggunakan media crossword puzzle. Penelitian ini dilakukan tiga siklus; siklus I, tentang peralatan sekolah, siklus II tentang sarana dan prasarana, dan siklus III tentang gabungan antara peralatan sekolah dengan sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan disetiap siklusnya, yaitu (1) Siswa mampu mengerjakan soal evaluasi dengan baik, (2) Siswa menjadi senang dan tertarik untuk belajar bahasa Arab sehingga mereka bersemangat mengikuti pelajaran bahasa Arab. (3) Siswa menjadi mudah menghafal dan memahami kosakata bahasa Arab baru. Dapat ditarik kesimpulan media crossword puzzle dapat meningkatkan penguasaan dan sebagai salah satu alternatif dalam dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab pada siswa.
Copyrights © 2024