Jurnal Sosial dan Teknologi
Vol. 1 No. 12 (2021): Jurnal Sosial dan Teknologi

Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Janjimatogu

Oktavia Hasibuan (Universitas Advent Indonesia, Indonesia)
Joan Yuliana Hutapea (Universitas Advent Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2021

Abstract

Latar belakang: Kesehatan merupakan hal yang paling penting bagi semua manusia. Segala upaya akan dilakukan untuk mendapatkan kesehatan yang maksimal.Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan medis terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Janjimatogu secara parsial.Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisa yang digunakan yaitu uji instrumen, statistik deskriptif, regresi linear sederhana dan hipotesis t. Penelitian ini menggunakan Probability sampling sebagai teknik pengumpulan sampel dan populasi dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden.Teknik pengolahan data menggunakan SPSS versi 23.Hasil penelitian: Kualitas pelayanan medis dengan dimensi bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati berpengaruh positif secara signifikan dengan hasil yang diperoleh sebesar 8,441 > t tabel 0,1946 dengan signifikasi value sebesar 0,000 < 0,005. Kualitas pelayanan dalam koefisien determinasi menunjukkan 41,5 % yang artinya bahwa 41,5 % kualitas pelayanan dapat memperngaruhi kepuasan pasien. Dari hasil statistik deskriptif memperoleh nilai yang menunjukkan bahwa ketanggapan memiliki nilai terendah sebesar 3,89 dari dimensi kualitas pelayanan.Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan medis secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Janjimatogu. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji t yang memiliki nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 8.441 > 1.946. Variabel kualitas pelayanan terdapat indikator Assurance (Jaminan) dengan nilai tertinggi sebesar 4.05 dan Responsiveness (Ketanggapan) memiliki niai terendah sebesar 3.89. Variabel kepuasan pasien terdapat indikator mutu pelayanan memiliki nilai tertinggi sebesar 4.02 dan proses pelayanan memiliki nilai terendah sebesar 3.88.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sostech

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Social Technology is a journal published once a month by CV. Syntax Corporation Indonesia. The Journal of Social Technology will publish scientific articles in the broad scope of social sciences and broad technological sciences such as information systems, information technology, and ...