Hadirnya fitur-fitur terbaru dalam media sosial khusunya TikTok membuat banyak perusahaan memungkinkan untuk lebih berkembang. Hal tersebut dilakukan oleh Akulaku Indonesia yang menerapkan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) dengan menggunakan promosi #YearEndSale. Teori yang digunakan adalah Teori Computer Mediated Communication (CMC) yang dikemukakan oleh Holmes, selain itu peneliti juga menggunakan Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) yang dikemukakan Kotler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan di Akulaku Indonesia melalui promosi #YearEndSale di TikTok Shop @akulakuid pada Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan desain studi kasus tunggal tipe holistic. Subjek penelitian ini adalah informan Akulaku, dan objek penelitian ini adalah strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh Akulaku untuk membantu meningkatkan penjualan produk pada TikTok Shop @akulakuid. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu wawancara serta observasi dan sekunder adalah studi pustaka. Teknik analisis data dengan metode triangulasi sumber. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, dengan membaca buku ilmiah, buku dari pakar yang berhubungan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) adalah periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas penjualan personal, dan pemasaran langsung. Pada promosi #YearEndSale melalui TikTok @akulakuid mampu meningkatkan penjualan produk pada Kuartal 4.
Copyrights © 2024