Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK BM Sinar Husni Medan

Putri Dlm, Kurnia Dwika (Unknown)
Ismaraidha, Ismaraidha (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter relegius peserta didik di SMK BM Sinar Husni Medan, Dimana terdapat faktor penghambat dan juga pendukungnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (a) dokumentasi (b) wawancara mendalam (c) observasi partisipatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa metode yang digunakan guru pendidikan agama islam adalah dengan metode pembiasaan peserta didik dibiasakan menjaga sopan santun kepada guru baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah dimana contohnya seperti  3S (senyum salam sapa), membiasakan berdoa.  Dimana faktor pendukung di SMK BM Sinar Husni Medan memiliki beberapa program seperti adanya organisasi rohis, dilaksanakanya sholat dzuhur berjamaah, melantunkan asmaul husna setelah berdoa. Dimana juga terdapat fakto penghambatnya adalah latar belakang pendidikan dari peserta didik yang memiliki perbedaan, lingkungan bermain, teknologi, pengawasan dari masing-masing orang tua peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...