Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui preferensi konsumen terhadap produk Ayam Geprek Borobudur, (2) Mengetahui strategi bersaing yang dapat diterapkan oleh Rumah Makan Ayam Geprek Borobudur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif menggunakan Chi Square dan analisis SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rumah makan ayam geprek Borobudur. Metode penentuan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Atribut rumah makan ayam geprek Borobudur yang menjadi preferensi atau kesukaan konsumen adalah ayam geprek Borobudur yang memiliki cita rasa yang gurih, harga yang sangat terjangkau yaitu Rp 13.000/porsi dengan tekstur ayam yang garing dan kualitas pelayanan yang baik dan ramah. (2) Strategi bersaing yang dapat diterapkan rumah makan ayam geprek Borobudur berdasarkan hasil analisis SWOT dan matriks IE yang berarti menerapkan strategi stabilitas berupa penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk yaitu dengan memanfatkan teknologi informasi dengan melakukan promosi, selalu berusaha memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen dan memanfaatkan lokasi yang strategis dengan meningkatkan kualitas produk rumah makan ayam geprek Borobudur.
Copyrights © 2024