Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengetahui pengaruh metode Total Physical Response (TPR) terhadap penguasaan kosakata siswa kelas X d SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Desain penelitian in adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi adalah siswa kelas X SMA Swasta Kampus Nommensen Pematangsiantar. Peneliti menggunakan dua kelas yang masing-masing berjumlah 30 siswa sebagai sampel, dimana satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu lagi sebagai kelas kontrol. Kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah 20 tes pilihan ganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. Diketahui T-hitung 2,6 lebih besar dari T-tabel 1,672 pada taraf signifikan 5%. Jadi hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya penggunaan metode Total Physical Response (TPR) efektif terhadap penguasaan kosakata siswa d SMA Kampus Nommensen Pematangsiantar.
Copyrights © 2024