Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check

Wulandari, Dwi Devi (Unknown)
Risnawita, Risnawita (Unknown)
Imamuddin, M (Unknown)
Medika, Gema Hista (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat kemandirian dan hasil belajar matematika melalui penerapan model kooperatif tipe pair check. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 8 Bukittinggi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX.2 sebagai kelas eksperimen dan IX.5 sebagai kelas kontrol. Data kemandirian belajar diperoleh melalui angket kemandirian belajar dan data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan kemandirian belajar siswa kelas IX SMP Negeri 8Bukittinggi yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe pair check berada pada kategori kuat dengan persentase sebesar 63,4%. Berdasarkan uji-t dengan nilai signifikan diperoleh dan . Perhitungan menggunakan software MINITAB19 diperoleh P-value sebesar 0,042. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe pair check lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 8 Bukittinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...