Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Kurniasih, Enggar (Unknown)
Raharjo, Tri Joko (Unknown)
Yuwono, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Problem based learning dapat membangun pembelajaran bermakna yang berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis pengaruh penggunaan problem based learning terhadap hasil belajar matematis kelas V SDN 1 Kaling Karanganyar. Metode penelitian menggunakan quasi experimental dengan kontrol nonequivalent pola desain kelompok. Populasi berjumlah 42 peserta didik, terdiri dari kelas kontrol 18 peserta didik dan kelas eksperimen 24 peserta didik. Hasil Uji t diperoleh nilai 3,497 pada taraf signifikansi 5% dan hasil uji keefektifan relatif (ER) menunjukkan penggunaan model problem based learning efektif 38,6% dibandingkan penggunaan model diskusi. Hal tersebut diketahui dari keputusan thitung > ttabel yaitu 3,497 > 2,002 dari hasil pengukuran berarti H???? diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar matematis kelas V di SDN 1 Kaling Karanganyar. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sekolah Dasar, Matematika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...