Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Membimbing Peserta Didik Slow Learner Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kinali Pasaman Barat

Yasni Elti (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Alfi Rahmi (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di SMAN 2 Kinali yaitu terdapatnya anak yang mengalami slow learner di sekolah, yang mengakibatkan individu tersebut lamban dalam belajar, sehingga memiliki daya tangkap yang rendah, merespon apa yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran juga lama. Dimana jika itu terus berlanjut individu akan mendapatkan nilai yang tidak mencapai KKM dan akan tinggal kelas. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan kunci 1 orang guru bimbingan dan konseling, 1 orang wali kelas, 4 orang guru mata pelajaran dan 9 orang siswa di SMAN 2 Kinali. Data dikumpulkan melalui Observasi, wawancara dan Dokumentasi . Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran yang sudah dijalankan oleh guru bimbingan dan konseling di SMAN 2 Kinali, yaitu : 1) Kognitif, 2) Bahasa, 3) Aspek fisik, 4) Emosi. Dari uraian di atas dapat dikemukakan bahwa guru bimbingan dan konseling di SMAN 2 Kinali sudah berupaya memberikan bantuan dalam menangani peserta didik slow learner.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...