Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 6 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Metode Pembelajaran Drill Terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar

Saragih, Kerin Theresa (Unknown)
Naelofaria, Salmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia ada 4 keterampilan yang harus dikuasai yaitu membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Dalam strategi penguasaan, keterampilan menulis merupakan keterampilan lebih sulit dikuasai meskipun yang bersangkutan penutur asli dari bahasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk, Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Drill terhadap kemampuan menulis Surat Resmi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian dalam menulis surat resmi menggunakan metode konvensional masuk dalam katagori cukup dengan nilai rata-rata 66 dengan standar deviasi 10. Sedangkan, hasil penelitian dalam menulis surat resmi menggunakan metode Drill masuk dalam katagori baik dengan nilai rata-rata 82 dengan standar deviasi 8,8. Berdasarkan analisis kedua data berdistribusi normal yaitu Kelas kontrol 0,117301<0,156 Kelas eksperimen 0,056263288< 0,156. Melalui pengujian hipotesis diperoleh thitung 2,2573 > ttabel 2,04227 sehingga Hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...