Dalam pembelajaran bahasa Indonesia ada 4 keterampilan yang harus dikuasai yaitu membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Dalam strategi penguasaan, keterampilan menulis merupakan keterampilan lebih sulit dikuasai meskipun yang bersangkutan penutur asli dari bahasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk, Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Drill terhadap kemampuan menulis Surat Resmi siswa kelas VII SMP Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian dalam menulis surat resmi menggunakan metode konvensional masuk dalam katagori cukup dengan nilai rata-rata 66 dengan standar deviasi 10. Sedangkan, hasil penelitian dalam menulis surat resmi menggunakan metode Drill masuk dalam katagori baik dengan nilai rata-rata 82 dengan standar deviasi 8,8. Berdasarkan analisis kedua data berdistribusi normal yaitu Kelas kontrol 0,117301<0,156 Kelas eksperimen 0,056263288< 0,156. Melalui pengujian hipotesis diperoleh thitung 2,2573 > ttabel 2,04227 sehingga Hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima.
Copyrights © 2024