Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Percakapan Instruksional terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Dalam penelitian ini saya menggunakan penelitian kuantitatif, Desain penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan desain quasi eksperimen, khususnya desain non-equivalent control group design. Metodologi penelitian ini menggunakan dua desain kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perlakuan yang dilakukan setiap kelas satu kali pre-test, tiga kali treatment, dan satu kali post-test. Desain ini menggunakan pre-test untuk mengetahui kemampuan siswa sebelum diberikan treatment. Dan post test untuk melihat hasilnya setelah diberikan treatment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA Satu di SMA Global Madani Bandar Lampung. Dari hasil analisis data diketahui hasil keterampilan berbicara siswa dengan Metode Instruksional Percakapan. Dibuktikan dengan skor siswa pada hasil posttest kelompok eksperimen menunjukkan signifikansi pada hasil 0,000 [0,000<0,050]. Dengan selisih hasil skor kelas eksperimen adalah (Mean: 12.3333) sedangkan kelas kontrol memperoleh skor adalah (Mean: 4.5789). Maka dapat disimpulkan (H1) dapat diterima. Sedangkan (H0) tidak dapat diterima. Dengan kata lain dari penelitian ini. Diketahui bahwa Metode Percakapan Instruksional dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Copyrights © 2024