JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

Peningkatan Pembelajaran Permainan Dribble Bola Basket dengan Model Kooperatif Learning pada Peserta Didik Tuna Rungu

Ahmad Atiq (Universitas Tanjungpura)
Muhammad Abdul Haris (Universitas Tanjungpura)
Abim Fadliansyah (Universitas Tanjungpura)
Iin Tirtaria (Universitas Tanjungpura)
Fatria Sundari (Universitas Tanjungpura)
Fakriza Issyad Rianto (Universitas Tanjungpura)
Lianta Lianta (Universitas Tanjungpura)
Ade Wahyu Dwi Nada (Universitas Tanjungpura)
Sefty Fauzan Wijaya (Universitas Tanjungpura)
Serli Febriani (Universitas Tanjungpura)
Meilinatia Meilinatia (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Peningkatan pembelajaran permainan dribble bola basket dengan model kooperatif learning pada peserta didik tuna rungu di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Pontianak masih membutuhkan perhatian khusus dan proses pembeljaran apalgi ini adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang harus di perhatikan secara khsusus dan tergolong belum faham pada saat melkukan dribble bola basket karena kurangnya dan bahkan pada saat diberi intruksi tidak bisa menenrima secara langsung serta tidak mampu melakukan dribble bola basket dengan pola gerak secara betul dan berkelanjutan pada saat pembelajaran dengan adanya model kooperatif peseta didik lebih efektif dan mampu melakukan secara baik guna untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih kualitas. Metode dan bentuk penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas olahraga dari subyek 18 peserta didik pada saat melakukan pembelajaran dimana hasil penelitian yang bisa di klasifikasikan terdiri dari dengan tema pembelajaran permainan dribble bola basket dengan model kooperatif learning pada peserta didik tuna rungu di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Pontianak I terdapat peserta didik sudah tuntas berjumlah 10 dengan persentasi 55 % siswa yang belum tuntas 8 dengan persentasi 45 % maka di lanjutkan ke tahap siklus II dan jumlah peserta didik 18 tuntas 100% pembeljaran kooperatif sangat menunjang peserta didik dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpo

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Olahraga is published by STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga are open national scientific journals that collect and disseminate research manuscripts and literature review/articles in the fields of physical education, sports, and health. Multilateral journal ...