Media sosial whatsApp adalah alat komunikasi online yang digunakan sebagai alat bantu penyampai pesan (pelajaran) pada pembelajaran daring (Matematika) dimasa Pandemi covid-19 SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung. Dalam pembelajaran daring melalui WhatsApp memudahkan siswa dan guru untuk melakukan kegiatan belajar mengajar namun juga memiliki keterbatasan akan interaksi dan pengawasan dalam pembelajaran, sehingga guru tidak dapat mengetahui sejauh mana pemahaman materi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis apakah ada "peran pemberian materi (foto/video)", "peran bahasa", dan "peran penguasaan materi guru" dalam media sosial whatsApp pada pembelajaran matematika dengan perilaku siswa (pengetahuan, sikap, tindakan) kelas VD SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung. Dengan jenis penelitian kualitatif, dan subjek penelitian berjumlah tujuh belas orang, terdiri dari dua key informan dan lima belas informan, menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk pengumpulan data serta pendekan teori New Media/media baru (Pierre Levy). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada "peran pemberian materi (foto/video)", "peran bahasa", dan "peran penguasaan materi guru" dalam media sosial whatsApp pada pembelajaran matematika dengan perilaku siswa (pengetahuan, sikap, tindakan) kelas V D SD Negeri 1 Kalibalau Kencana Bandar Lampung. Pembelajaran matematika melalui media sosial WhatsApp dapat membantu siswa memiliki keterampilan berhitung dan mengetahui dan memahami dasar-dasar pelajaran matematika.
Copyrights © 2023