Journal Media Public Relations
Vol. 3 No. 2 (2023): Journal Media Public Relations (JMP)

PERILAKU BUDAYA DALAM PERNIKAHAN TRADISI LAMPUNG PESISIR

Hernawan, Wawan (Unknown)
Cahya Putri, Intan (Unknown)
Basri, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Perilaku Budaya merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat adat yang dilakukan secara turun temurun, salah satu contoh Budaya yang harus di dipertahankan dan diwariskan adalah Budaya Lampung Pesisir, khususnya upacara pernikahan adat atau biasa disebut dengan “Nayuh”. Penelitian ini berjudul Perilaku Budaya Dalam Pernikahan Tradisi Adat Lampung Pesisir (Studi Kasus Pada Budaya Masyarakat Pekon Way Kerap Semaka Tanggamus). adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara mendalam tentang budaya nayuh dalam Pernikahan Adat Lampung Pesisir, serta mengetahui bagaimana Implementasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pernikahan Adat Lampung Pesisir di daerah Pekon Way Kerap Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. Peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini melalui reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan dan saran. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa upacara pernikahan adat Lampung Pesisir (Nayuh) merupakan salah satu rangkaian acara adat yang masih dilestarikan hingga saat ini oleh masyarakat adat, khususnya di daerah pekon Way Kerap Semaka Tanggamus yang senantiasa menjunjung tinggi nilai tradisi dan budaya mereka, yang merupakan identitas dan kebanggaan tersendiri bagi Masyarakat Lampung Pesisir.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Media Public Relations (JMP) merupakan jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi. Jurnal ini memuat hasil karya ilmiah berupa penelitian lapangan maupun studi pustaka yang berkenaan dengan Ilmu Komunikasi, yaitu, Ilmu komunikasi, public relation, Komunikasi Pariwisata, Media, Teknologi ...