YUME : Journal of Management
Vol 4, No 2 (2021)

Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare (Analisis Ekonomi Syariah)

Jumrah Tahir ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Rusnaena Rusnaena (Unknown)
Musmulyadi Musmulyadi (Unknown)
St. Nurhayati (Unknown)
Abd. Hamid (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini menggunakan metode kuantitatf deskriptif. Lokasi penelitian berada di Cafe Nuara Kota Parepare dan waktu penelitian 31 hari. Instrumen pengumpulan data dilakukakan dengan kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 91 orang dari 1000 jumlah populasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji one sampel t-test, uji korelasi pearson product moment, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji hipotesis bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Cafe Nuara Kota Parepare. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh 0,800 menandakan bahwa terdapat hubungan kuat antara kualitas produk dengan loyalitas konsumendi Cafe Nuara Kota Parepare. Diketahui r tabel 0,206 maka pearson correlation penelitian ini bersifat positif dan nilai signifkansi 0,00 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan, maka kualitas produk dengan loyalitas konsumen di Cafe Nuara Kota Parepare terdapat hubungan yang positif dan signifikan.  Hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.600. maka setiap penambahan 1% menggunakan kualitas produk (X), maka loyalitas konsumen (Y) akan meningkat sebesar 0,600. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,639 dengan tingkat hubungan baik, memiliki arti bahwa 63,9% loyalitas konsumen (Y) dipengaruhi kualitas produk (X) dan 36,1% dipengaruhi variabel yang lain. Kata Kunci : Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...