Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan soal latihan pada buku teks matematika Indonesia, Malaysia, dan Singapura untuk jenjang SMP pada materi bentuk aljabar berdasarkan dimensi situasi kontekstual (matematika murni, ilustrasi/cerita, membutuhkan representasi, dan membutuhkan teknologi) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal latihan bentuk aljabar pada buku teks matematika Indonesia, Malaysia, dan Singapura didominasi oleh konteks matematika murni (lebih dari 80% pada kebanyakan buku matematika). Hanya sedikit yang memiliki ilustrasi dalam bentuk soal cerita. Kemudian, soal latihan dengan konteks membutuhkan penggunaan representasi didominasi oleh aspek model dan gambar. Buku teks matematika dari Malaysia merupakan buku teks dengan penggunaan representasi paling bervariasi. Sementara itu, soal yang memiliki konteks membutuhkan penggunaan teknologi hanya ditemukan pada buku teks dari Singapura. Buku teks matematika Indonesia dan buku teks matematika dari Malaysia tidak terdapat soal yang membutuhkan penggunaan teknologi.
Copyrights © 2024