Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Kajian Kontekstual Soal Latihan pada Buku Teks Matematika Indonesia, Malaysia, dan Singapura untuk Jenjang SMP pada Materi Bentuk Aljabar

Ummah, Nurul Rif'atin (Unknown)
Sugeng, Sugeng (Unknown)
Safrudiannur, Safrudiannur (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan soal latihan pada buku teks matematika Indonesia, Malaysia, dan Singapura untuk jenjang SMP pada materi bentuk aljabar berdasarkan dimensi situasi kontekstual (matematika murni, ilustrasi/cerita, membutuhkan representasi, dan membutuhkan teknologi) Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal latihan bentuk aljabar pada buku teks matematika Indonesia, Malaysia, dan Singapura didominasi oleh konteks matematika murni (lebih dari 80% pada kebanyakan buku matematika). Hanya sedikit yang memiliki ilustrasi dalam bentuk soal cerita. Kemudian, soal latihan dengan konteks membutuhkan penggunaan representasi didominasi oleh aspek model dan gambar. Buku teks matematika dari Malaysia merupakan buku teks dengan penggunaan representasi paling bervariasi. Sementara itu, soal yang memiliki konteks membutuhkan penggunaan teknologi hanya ditemukan pada buku teks dari Singapura. Buku teks matematika Indonesia dan buku teks matematika dari Malaysia tidak terdapat soal yang membutuhkan penggunaan teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...