Aktivitas merupakan bagian penting dari proses pembelajaran matematika. Aktivitas belajar siswa sangat berpengaruh terhadap keberhasilan belajarnya. Aktivitas diperlukan untuk terjadinya proses pembelajaran. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran realistic mathematics education (RME). Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian siklus pertama dan kedua menunjukkan bahwasanya terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Kenaikan aktivitas siswa diantaranya aktivitas menjawab pertanyaan pada siklus pertama dengan persentase 33,33% pada siklus kedua mengalami kenaikan menjadi 60%, aktivitas mengajukan pertanyaan pada siklus pertama 46,67% menjadi 63,33% pada siklus kedua, aktivitas menyampaikan pendapat pada siklus pertama 33,33% menjadi 56,67% pada siklus kedua, serta untuk aktivitas mengerjakan tugas pada siklus pertama sebesar 83,33% dan mengalami kenaikan menjadi 96,67% pada siklus kedua. Penerapan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII.5 SMP Negeri 3 Surakarta, hal ini dapat diketahui dengan melihat proses pembelajaran dan hasil evaluasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024