Kemampuan Penalaran Matematis (KPM) merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Akan tetapi KPM peserta didik masih dalam kategori rendah dikarenakan kurangnya instrumen tes yang dapat digunakan guru sebagai referensi dalam melatihkan soal tes yang dapat melatih KPM peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes KPM pada materi barisan dan deret yang valid, reliabel, serta memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik. Jenis penelitian adalah model pengembangan tipe development studies yang terdiri dari tahap preliminary dan formative evaluation. Tahap formative eveluation mengadaptasi langkah Tessmer yakni self evaluation, experts review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang menggambarkan setiap pengolahan data yang terkumpul dengan menggunakan instrumen lembar validasi, lembar respon peserta didik, dan lembar tes KPM. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI MS 2 SMAN Plus Provinsi Riau. Data diperoleh dari hasil validasi tiga orang validator dan uji coba soal tes KPM kepada subjek penelitian pada tahap field test. Skor rata-rata validasi internal adalah 97,67% dengan kategori sangat valid. Dari 15 butir soal yang valid secara internal, dilakukan uji coba diperoleh 13 butir soal yang valid secara eksternal, nilai reliabilitas 0,86 kategori sangat tinggi, 8 butir soal sedang dan 5 butir soal sukar, serta 6 soal dengan daya pembeda cukup, 5 soal dengan daya pembeda baik, dan 2 soal dengan daya pembeda sangat baik. Maka diperoleh 13 soal KPM dengan yang valid, reliabel, serta memiliki tingkat kesukaran dan daya pembeda yang baik.
Copyrights © 2024