Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 3 Tahun 2023

Story Board untuk Menampilkan Aplikasi GeoGebra dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Jihan Fazlika (Program Studi PPG Universitas Tadulako)
Fahrur Razi (Program Studi PPG Universitas Tadulako)
Rita Lefrida (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2023

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada siswa akan menjadikan mereka berkembang dan mempunyai kemampuan berkomunikasi lebih baik. Apalagi diserta bekerja secara kolaboratif. Hal ini akan menimbulkan kreatif dan inovatif dalam dirinya yang sesuai dengan tantangan Abad kedua puluh satu. Sebuah pola pikir yang dapat memunculkan potensi kreatif dalam diri setiap orang adalah Design Thinking. Pada penelitian ini menggunakan perspektif teoritis dari design thinking dengan lima tahapan aktivitas pemecahan masalah yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Strategi extremes dan lences digunakan pada pengambilan sampel penelitian dengan berdasarkan pada kriteria sampel ekstrim kanan dan sampel ekstrim kiri. Sampel pada penelitian yang terdiri dari 4 orang siswa SMAN Model Terpadu Madani. Peneliti melakukan observasi dan wawancara mendalam untuk mengidentifikasi masalah-masalah SMAN Model Terpadu Madani. Hasilnya peneliti membuat story board untuk menampilkan aplikasi GeoGebra pada pembelajaran matematika yang dapat mengubah paradigma pembelajaran tradisional menjadi lebih interaktif dan menarik bagi siswa, serta meningkatkan pemahaman konsep matematika mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...