Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 1

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Scratch pada Materi Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Disposisi Matematika Siswa SMP

Clavinova, Sendy Larinsa (Unknown)
Sukewen, Gede (Unknown)
Suharta, I Gusti Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan peneliti yang menunjukan rendahnya keaktifan belajar dan disposisi matematika siswa SMPN 1 Negara. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui terkait karakteristik perangkat pembelajaran berbasis proyek menggunakan scratch yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan prosedur penelitian Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu Fase Preliminary Research, Fase Prototyping, dan Fase Assessment. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LKS berbasis proyek menggunakan scratch. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di SMPN 1 Negara tahun ajaran 2022/2023 dengan rincian kelas IX C sebanyak 15 siswa pada uji coba terbatas, kelas IX A sebanyak 32 siswa pada uji coba lapangan I dan kelas IX B sebanyak 32 siswa pada uji coba lapangan II. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi keaktifan belajar siswa dan angket disposisi matematika siswa. Data yang telah dikumpulkan dari instrumen tersebut dianalisis secara deskriptif. Adapun karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah RPP satu lembar yang memberikan arahan serta motivasi dan memunculkan partisipasi siswa, sedangkan karakteristik LKS berisi masalah nyata terkait translasi dan refleksi, berisi petunjuk penyelesaian masalah, menggunakan aplikasi scratch, serta berisi pertanyaan untuk menemukan konsep translasi dan refleksi. Hasil dari penelitian sudah mencapai keberhasilan mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan keaktifan dan disposisi matematika siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari perangkat pembelajaran lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...