Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan peneliti terhadap peserta didik kelas VIII di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli. Salah satu kendala dalam proses pembelajaran berlangsung yakni: kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran yang disebabkan media ajar yang belum optimal digunakan. Tujuan penelitaian adalah mengembangkan e-modul dalam bentuk flipbook berbasis Discovery Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa yang valid, praktis, dan sukses. Ini adalah penelitian pengembangan. Metode yang digunakan peneliti adalah model dalam pengembangan flipbook berbasis discovery learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas VIII di SMP/MTs sesuai dengan model 4-D. instrumen pengumpulan data yakni (1). angket Validasi E-Modul berbantuan flipbook, (2). angket kepraktisan E-Modul berbantuan flipbook, (3). keefektifan E-Modul Berbantuan flipbokk. Teknik analisis data dengan hasil validasi oleh tim ahli validator dan keefektifan respon peserta didik terhadap E-modul. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul berbentuk flipbook yang dihasilkan dinyatakan sangat valid oleh validator materi (93,26%), ahli bahasa (96,75%), dan ahli desain (98,75%). Selain itu, e-modul cukup bermanfaat bagi siswa dengan persentase kepraktisan sebesar 96,35%. E-modul juga sangat efektif, dengan tingkat penyelesaian 81,94%. Dari hasil penelitian diatas, maka e-modul dalam bentuk flipbook berbasis Discovery Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa di UPTD SMP Negeri 1 Gunungsitoli sudah memenuhi harapan dan tujuan penelitian.
Copyrights © 2024