Saat ini siswa di setiap sekolah sudah terbiasa dengan penggunaan teknologi dalam proses memperoleh pengetahuan yang baru. Namun dirasakan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sangatlah berperan penting dalam keberhasilan pembelajaran. Dalam setiap pembelajaran, siswa dituntut untuk memahami konsep dasar setiap materi, termasuk dalam mata pelajaran matematika tentang materi bangun ruang. Berkaca dari hasil ujian Checkpoint for Lower Secondary di tahun 2022-2023, siswa kelas VIII masih mendapatkan nilai yang kurang memuaskan di pelajaran matematika, khususnya materi bangun ruang. Maka akan dikembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan materi bangun ruang menggunakan Assemblr Edu untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi bangun ruang dan meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika di kelas. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode angket, tes dan observasi yang akan dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Implementasi media pembelajran yang dikembangkan melibatkan 63 siswa kelas VIII SMP Unity, Kota Bekasi tahun ajaran 2023/2024 dan 3 orang guru Matematika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat pemahaman siswa tentang materi bangun ruang sebesar 80,18% dan tingkat keaktifan siswa sebesar 89,6%. Dengan hasil ini maka produk dinyatakan layak dan dapat dijadikan media pembelajaran yang baru dalam mata pelajaran Matematika materi bangun ruang.
Copyrights © 2024