Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Peminatan Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Kota Serang

Mochammad Mugi Setiyanto (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Agus Rustamana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mohammad Ali Fadillah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ana Nurhasanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik nonprobability sampling. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2023 – 18 Agustus 2023. Adapun hasil penelitian sebagai berikut; (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kota Serang, pengujian hipotesis melalui uji-t dua pihak menggunakan rumus polled varian diperoleh nilai t_hitung = 2,51 > t_tabel 1,98 dengan α = 0,05, (2) hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) lebih tinggi daripada model pembelajaran direct instruction. Perolehan rata-rata nilai post test kelas eksperimen = 75,75 dan kelas kontrol = 57,62 menunjukan kelas eksperimen memiliki selisih rata-rata sebesar 18,13 lebih tinggi dari kelas kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...