Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Hambatan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis TIK Pada Mata Kuliah Pengembangan Literasi Digital Kependidikan Mahasiswa PGSD Universitas Jambi

Aprian Paturrahman (Universitas Jambi)
Yunita Febrianti (Universitas Jambi)
Anita Dongoran (Universitas Jambi)
Eka Sastrawati (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pendidikan modern. Salah satu mata kuliah yang fokus pada pengembangan literasi digital dalam konteks pendidikan adalah “Mengembangkan Literasi Digital Pendidikan”. Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan guru masa depan dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Namun penerapan pengajaran berbasis TIK pada mata kuliah ini seringkali menghadapi banyak Hambatan dan tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan dan tantangan utama yang dihadapi mahasiswa dan pengajar dalam pembelajaran berbasis TIK pada mata kuliah Pengembangan Literasi Pendidikan Digital. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan utama mencakup terbatasnya akses terhadap alat TIK, kurangnya keterampilan teknologi yang tepat, dan ketidakpastian terkait keamanan data dan privasi. Selain itu, tantangan merancang pengalaman pembelajaran yang menarik dan relevan melalui teknologi juga menjadi perhatian utama. Penelitian ini memberikan informasi berharga tentang cara mengatasi hambatan dan tantangan ini melalui pelatihan yang lebih baik, dukungan teknologi yang lebih baik, dan pengembangan program yang lebih adaptif. Kami berharap hasil penelitian ini dapat membantu penyelenggara pendidikan meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis TIK pada mata kuliah pengembangan literasi digital di bidang pendidikan, sehingga mahasiswa dapat lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dunia digital yang semakin berkembang saat ini. dunia Pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...