Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Sejarah terhadap Berpikir Sejarah Peserta didik

Firmansyah, Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran sejarah telah menjadi topik yang semakin relevan dalam konteks pendidikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan teknologi digital dalam meningkatkan kemampuan berpikir sejarah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur untuk mengumpulkan informasi dari berbagai artikel terkait. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam. Namun, terdapat kekhawatiran bahwa ketergantungan pada teknologi digital dapat mengurangi kemampuan siswa untuk mengembangkan keterampilan kritis secara mandiri, terutama dalam analisis sumber sejarah. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi dampak penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran sejarah terhadap kemampuan berpikir sejarah siswa secara menyeluruh. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dalam mengembangkan strategi yang efektif dalam mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran sejarah guna memaksimalkan potensi siswa dalam memahami dan menganalisis konteks sejarah dengan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...