Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pemanasan global di SMAN 2 Pandeglang

Rita Septiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuvita Oktarisa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ganesha Antarnusa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
24 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pemanasan global di SMAN 2 Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental design dengan desain one group pretest and posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-G SMAN 2 Pandeglang dengan jumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes sebelum perlakuan PBL (pretest) dan tes sesudah perlakuan PBL (posttest). Data penelitian dianalisis dengan uji n-gain dan uji t. Hasil uji n-gain rata-rata peningkatan pretest dan posttest memperoleh sebesar 26,62% dalam kategori rendah. Sedangkan, hasil analisis uji t memperoleh . Hal ini berarti ditolak dan diterima. Sehingga, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pemanasan global di SMAN 2 Pandeglang. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pemanasan Global, Problem Based Learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...