Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pemanasan global di SMAN 2 Pandeglang. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental design dengan desain one group pretest and posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-G SMAN 2 Pandeglang dengan jumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes sebelum perlakuan PBL (pretest) dan tes sesudah perlakuan PBL (posttest). Data penelitian dianalisis dengan uji n-gain dan uji t. Hasil uji n-gain rata-rata peningkatan pretest dan posttest memperoleh sebesar 26,62% dalam kategori rendah. Sedangkan, hasil analisis uji t memperoleh . Hal ini berarti ditolak dan diterima. Sehingga, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pemanasan global di SMAN 2 Pandeglang. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pemanasan Global, Problem Based Learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024