Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implikasi Kode Etik Guru dalam Menanamkan Etika Santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Depok

Hilma Soleha (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Ai Fatimah Nur Fuad (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi kode etik guru dalam menanamkan etika santri di pondok pesantren muhammadiyah darul arqam depok. Kode Etik menjadi pedoman moral bagi para pendidik. Fokus penelitian ini ingin memahami sejauh mana pemahaman kode etik guru dapat berimplikasi dalam menanamkan etika santri pada konteks pendidikan pesantren di pesantren muhammadiyah darul arqam depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan analisis dokumen terkait terutama kode etik guru di lembaga pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kode etik guru sangat berimplikasi dalam menanamkan etika santri. Seorang guru yang slalu menerapkan etika baik dalam berinteraksi terhadap santri, maka cenderung dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman serta dapat mengembangkan karakter dan moral santri. Etika dan perilaku santri juga dipengaruhi oleh Pemahaman santri terhadap kode etik guru. Penelitian ini juga mengidentifikasi kode etik guru muhammadiyah yang sesuai dengan draft majelis DIKDASMEN. Hasil temuan ini menunjukan bahwa peningkatan efektivitas kode etik guru dalam menanamkan etika santri, dibutuhkan dukungan kerjasama antar guru, guru dengan santri dan seluruh stakeholder sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...