Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Muslim Consumer Intentions Towards Boycotted Products Affiliated with Israel in Indonesia

Fitri, Annisa (Unknown)
Nurwahidin, Nurwahidin (Unknown)
Fitriansyah, Rahmat (Unknown)
Alfian, Annisa Maulidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel telah memicu seruan internasional untuk memboikot produk-produk yang terafiliasi dengan Israel. Fatwa Nomor 83 Tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 8 November 2023, menyerukan boikot sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. Penelitian ini menganalisis intensi konsumen Muslim di Jabodetabek dalam memboikot produk-produk tersebut dengan menggunakan teori perilaku konsumen. Studi ini mengkaji variabel seperti product judgment, brand distrust, intrinsic religious motivation, animosity, and self-enhancement, dan peningkatan diri untuk melihat pengaruhnya terhadap intensi boikot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang dapat mempengaruhi intensi boikot produk terafiliasi Israel yaitu product judgement (X1) dengan tingkat signifikansi positif sebesar 0.025 dan intrinsic religious motivation (x3) dengan tingkat signifikansi positif sebesar 0.000. Sementara variabel brand distrust (X2), animosity (X4) dan self ehancement (X5) tidak berpengaruh terhadap intensi boikot produk terafiliasi Israel dengan tingkat signifikansi di atas 0.05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...