Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 01 (2023): Volume 08 No. 01 Juni 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Abdul Hamid (Unknown)
Tjipto Subroto, Waspodo (Unknown)
Hendratno (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, pada Tema 7 Sub Tema 2 dikelas IV MIS Nurussalam Palang. Penelitian menggunakan metode eksperimen.Hasil belajar dan aktivitas siswa dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 67.45 dan mengalami peningkatan pada nilai rata-rata posttest 86.41, nilai rata-rata pretest kelas kontrol 62.28 dan mengalami peningkatan pada nilai rata-rata posttest 71.17. Namun dari hasil posttest, rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih tinggi daripada hasil kelas kontrol. Hasil analisis uji t diperoleh thitung sebesar 10.107 dengan ttabel 2.028, maka dapat dilihat hasil thitung kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan ttabel. Berdasarkan kriteria pengujian yang telah ditetapkan, yaitu jika thitung > ttabel maka Ha diterima dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media big book terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil observasi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yakni sebesar 10,98% dan menunjukkan presentase yang besar dengan nilai 84,96%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media big book berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...