Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol. 4 No. 1 (2019): JURNAL BASTRA EDISI JANUARI 2019

TINDAK TUTUR GURU DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJARPADA TAMAN KANAK-KANAK WULELE SANGGULA DUA KELURAHAN KAMBU KOTA KENDARI

Asmanadia (Universitas Halu Oleo)
Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah jenis-jenis tindak tutur guru dalam proses belajar-mengajar di Taman Kanak-Kanak Wulele Sanggula Dua Kelurahan Kambu Kota Kendari?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur guru apa saja yang digunakan dalam proses belajar-mengajar pada Taman Kanak-Kanak Wulele Sanggula dua Kelurahan Kambu Kota Kendari. Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diproleh dalam penelitian ini berdasarkan tuturan guru dalam proses belajar-mengajar pada Taman Kanak-Kanak Wulele Sanggula Dua Kelurahan Kambu Kota Kendari yaitu kemampuan peserta didik anak usia 5-6 tahun dalam hal merespon tindak tutur gurunya masih belum merata, sebab masing-masing anak punya kemampuan sendiri dalam tingkatan merespon tuturan-tuturan gurunya.Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dari limma jenis tindak tutur berdasarkan hail analisis data yang terdapat pada TK Wulele Sanggula Dua Kelurahan Kambu Kota Kendari hanya empat jenis tindakan yang ada yaitu tindak representative, direktif, ekspresif dan komisif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and ...