Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan struktur dan unsur kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini tergolong dalam penelitian kelas karena peneliti turun langsung ke sekolah untuk mengumpulkan data sesuai dengan masalah penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang memberikan gambaran secara jelas mengenai kemampuan menentukan struktur dan unsur kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Barangka yang selanjutnya dianalisis hasil data dengan menggunakan prinsip statistik yang berupa angka-angka. Responden dalam penelitian ini 95 yang terdiri dari empat kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu terdapat 82 (86,31%) siswa masuk kategori mampu dan 13 (14%) siswa dikategorikan tidak mampu. Secara klasikal persentase kemampuan siswa dikategorikan mampu karena mencapai kriteria ketuntasan klasikal 85%.
Copyrights © 2019