Kemampuan Memahami Isi Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wadaga Kabupaten Muna Barat” penelitian ini pentingnya untuk melihat kembali kemampuan siswa apakah telah mampu menyerap materi memahami isi teks eksposisi atau belum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan memahami isi teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wadaga Kabupaten Muna Barat. Jenis penelititan ini tergolong dalam penelitian sekolah sebab peneliti turun langsung ke lokasi penelitian (sekolah) untuk mengumpulkan data sesuai dengan masalah penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wadaga Kabupaten Muna Barat yang terdiri atas 51 orang siswa, yang tersebar dalam 2 kelas. Dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wadaga Kabupaten Muna Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk tes esai tertulis, yaitu dengan menugaskan siswa untuk memahami isi teks eksposisi yang telah dibaca. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 51 orang responden siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wadaga Kabupaten Muna Barat, terdapat 39 orang siswa (76,47%) masuk kategori mampu secara individual dalam memahami isi teks eksposisi, dan sebanyak 12 orang siswa (23,52%) masuk kategori belum mampu dalam memahami isi teks eksposisi. Secara klasikal dapat dikatakan bahwa kemampuan memahami isi teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wadaga Kabupaten Muna Barat masuk kategori belum mampu secara klasikal. Dikatakan demikian karena kemampuan siswa hanya mencapai 76,47% belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Jika dilihat dari setiap aspek penilaian kemampuan memahami isi teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Wadaga Kabupaten Muna Barat dapat disimpulkan bahwa aspek penilaian menentukan struktur teks eksposisi yang terdiri dari tiga aspek yakni tesis, rangkaian argumen, dan penegasan kembali tidak ada yang mencapai kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan observasi dan angket menunjukan bahwa faktor-faktor berdasarkan kenyataan di lapangan mempengaruhi hasil belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII dengan faktor internal aspek motivasi yang merupakan persentase terbanyak dengan 78,43%. Kata kunci: Kemampuan; Memahami; Teks Eksposisi; SMP N 2 Wadaga.
Copyrights © 2019