Permasalahan karakter/sifat peserta didik sehari-hari di sekolah maupun di rumah yang masih belum teratasi, sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah di MIN 3 Kota Lhokseumawe. Perencanaan pendidikan karakter dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai dan moralitas kepada peserta didik. Nilai-nilai dan moralitas tersebut disesuaikan dengan visi, misi madrasah. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan antara lain: relegius, kejujuran, kerja keras, cerdas, dan peduli. Pengorganisasian pendidikan karakter telah berjalan dengan baik, dimana para guru/pengajar sebagai model teladan bagi peserta didik di madrasah telah mencontohkan kepada peserta didik dari kedisiplinan, tutur kata yang sopan/baik dengan semua orang hingga pakaian yang rapi dan sopan. Nilai-nilai dan moralitas tersebut dilaksanakan secara bermacam-macam sesuai dengan gaya guru masing-masing. Pengarahan pendidikan karakter dilakukan meliputi kegiatan meningkatkan hubungan pendidik dengan peserta didik, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan pendapat, dan memberikan motivasi kepada peserta didik. Pengendalian pendidikan karakter dilakukan dengan memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk pengembangan nilai dan literasi moral. Keterampilan tersebut antara lain yaitu: keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking) yang positif, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkomunikasi secara jelas, keterampilan menyimak, dan pembiasaan akhlakul karimah.
Copyrights © 2022