Jurnal Ikhtibar Nusantara
Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Ikhtibar Nusantara

Kontekstualisasi Pemikiran Al-Zarnuji Tentang Hubungan Guru -Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim

Rahman, Mulia (Unknown)
Jamaluddin, Jamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kontekstualisasi Pemikiran Al-Zarnuji Tentang Hubungan Guru -Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim; Penelitian termasuk kajian Perpustakaan (library research) dengan Teknik Analisis Diskriptif Kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontekstualisasi terhadap hubungan guru dan murid saat sekarang adalah pemahaman terhadap pemikiran al-Zarnuji yang signifikan yang bernafas pada etika religius, dengan mengambil nilai-nilai serta pesan yang terkandung dalam aturan-aturan tersebut, yaitu penggalian dan penghidupan kembali nilai-nilai etika dalam proses pendidikan dan menjadikannya sebagai dasar pembentukan akhlak yang menjadi indikator dan prasayarat keberhasilan pendidikan, serta landasan dalam membina hubungan yang harmonis antara guru dengan murid yang berorientasi pada hubungan yang etis humanitis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ikhtibar-nusantara

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ikhtibar Nusantara merupakan jurnal ilmiah yang memuat naskah di bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam. Terbit Pertama Volume 1 Nomor 1 Bulan Juni Tahun 2022 versi Online. Ruang lingkup dari Jurnal ini berupa hasil penelitian dan kajian analisis -kritis dengan tujuan sebagai wadah yang kredibel ...