Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Kontekstualisasi Pemikiran Al-Zarnuji Tentang Hubungan Guru -Murid dalam Kitab Ta’lim Al Muta’llim; Penelitian termasuk kajian Perpustakaan (library research) dengan Teknik Analisis Diskriptif Kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontekstualisasi terhadap hubungan guru dan murid saat sekarang adalah pemahaman terhadap pemikiran al-Zarnuji yang signifikan yang bernafas pada etika religius, dengan mengambil nilai-nilai serta pesan yang terkandung dalam aturan-aturan tersebut, yaitu penggalian dan penghidupan kembali nilai-nilai etika dalam proses pendidikan dan menjadikannya sebagai dasar pembentukan akhlak yang menjadi indikator dan prasayarat keberhasilan pendidikan, serta landasan dalam membina hubungan yang harmonis antara guru dengan murid yang berorientasi pada hubungan yang etis humanitis.
Copyrights © 2022