Media merupakan salah satu alat yang amat penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan daya tarik peserta didik serta pemahaman dalam menguasai materi pembelajaran. Penggunaan media gambar pembelajaran pada proses pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan peserta didik khususnya pada ranah kognif. selain penggunaan media gambar dapat meningkatkan daya tarik peserta didik. Media gambar juga dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, dengan adanya media gambar dalam pembelajaran membuat suasana dalam proses pembelajaran semakin menarik karena dengan adanya media gambar peserta didik tidak hanya mendengarkan penjelasan guru melainkan dapat melihat secara langsung melalui media gambar sehingga materi dapat tersampaikan melalui media gambar.Tujuan dari penelitian di SMP Negeri 2 Teluk Dalam ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan agama islam. Penelitian ini dilaksanakan hanya pada kelas VIIA dan kelas VIIB di sekolah SMP Negeri 2 Teluk Dalam, penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain intact group-comparison perbandingan antara kelas eksperimen (sesudah perlakuan) menggunakan media gambar dengan kelas semu (sebelum perlakuan) tidak menggunakan media gambar dengan menggunakan tes berupa soal.Hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan hipotesis yaitu Ho ditolak danHa diterima atau media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan agama islam materi perilaku terpuji di SMP Negeri 2 Teluk Dalam. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi para pendidik dan calon pendidik untuk meningkatkan ranah kognitif peserta didik dengan penggunaan media gambar sehingga tercipta kualitas pembelajaran yang ideal yang berstandar baik.
Copyrights © 2023