Pendidikan adalah proses untuk merancang out put siswa sehingga mereka dapat beradaptasi sebaik mungkin dengan lingkungan dan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Tanpa pendidikan, kehidupan manusia tidak akan pernah maju dan berkembang. Sukses pengajaran tidak hanya tergantung pada guru yang menguasai materi tetapi juga sangat banyak pada bagaimana guru menggunakan metode yang benar. Dalam hal ini, penulis mengangkat judul tentang penerapan PAIKEM dalam pembelajaran Fiqih. Tetapi apa yang menjadi rumus dari masalah ini adalah sebagai berikut: pertama, bagaimana menerapkan strategi PAIKEM pada subyek fiqih di MTsN 5 Lhoong Aceh Besar; kedua, faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat untuk implementasi PAIKEN dalam subjek Fiqi di MTsN 5 Lhuong Aceh besar; dan ketiga, apa saja upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih dan stakeholder sekolah dalam mengaplikasikan PAIKEK di Mts N 5 Lhong Aceh Besar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dari analisis kualitatif dan alat pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan studi, serta dokumentasi. Lokasi penelitiannya disesuaikan dengan MTS N 5 Lhong Ace Besar. Di antara hal-hal lain: (a) mata pelajaran fiqh yang lebih praktis; (b) umumnya, siswa mempelajari buku di malam hari di ruang tamu dan di tepi pantai; (c) minat tinggi siswa dalam belajar fiqih; (d) dukungan orang tua dalam studi agama; (e) sekolah terletak jauh dari kerumunan dan pasar. Ketiga, upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih dalam implementasi PAIKEM di MTsN 5 Lhoong Aceh Besar adalah melalui analisis siswa, menentukan tujuan belajar, memilih metode, penggunaan media, administrasi kelas, dan evaluasi proses belajar.
Copyrights © 2023