JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Efektivitas Model Pembelajaran Knisley terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs

Risma Susanti Risma (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Kasman Ediputra (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Lussy Midani Rizki (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Knisley pada materi bangun ruang sisi datar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII MTs Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kota. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII I berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen sebesar 85,27 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya sebesar 70,90. Presentase ketuntasan pada kelas eksperimen sebesar 96,66% sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 40,00%. Hasil uji indenpendent t-test menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,025. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Knisley efektif terhadapap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs Ponpes Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinang Kota.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...