JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan KEBANTAR (Keliling Bangun Datar) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kodular Creator di Kelas V SD

Aulia Rachma (Universitas Mulawarman)
Andi Asrafiani Arafah (Universitas Mulawarman)
Sukriadi Sukriadi (Universitas Mulawarman)
Muhammad Ramli Buhari (Universitas Mulawarman)
Muhlis Muhlis (Universitas Mulawarman)
Hety Diana Septika (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika adalah siswa kesulitan dalam menghafalkan rumus dan mengaplikasikannya ke dalam soal, oleh karena itu dikembangkannya media pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Media pembelajaran dikemas menggunakan aplikasi yang dioperasikan menggunakan handphone. Media tersebut dapat menampilkan video, materi, soal dengan keunggulan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Diharapkan media Kebantar dapat menarik minat dan membantu siswa mengatasi kesulitan dalammpembelajaran matematika terutama pada materi keliling bangun datar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan media Kebantar berbasis kodular creator serta diperkuat dengan dilakukannya pre-test dan post-test. Metode yang digunakan dalam riset ini yaitu metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V-C SDN 007 Sungai Kunjang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini masuk ke dalam kategori “sangat valid” yaitu sebesar 91,25% dari ahli media, 84% dari ahli materi, dan 94,1% dari ahli bahasa. Selanjutnya hasil yang diperoleh dari hasil respon guru dan siswa yang masuk ke dalam kategori “sangat praktis”, hasil respon guru sebesar 94,54%, 92,26% dari respon siswa skala kecil, dan 94,3% dari hasil respon siswa skala besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Kebantar yang dikembangkan valid dan praktis, sehingga cocok untuk digunakan oleh siswa dalam pembelajaran materi keliling bangun datar di SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...